Hubungan Antara Sikap Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Flamboyan RSUD Dr. Soeroto Ngawi
Abstract
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator utama mutu pelayanan dari suatu Rumah Sakit, karena kepuasan pasien yang rendah akan berdampak terhadap kunjungan Rumah Sakit. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien salah satunya adalah sikap caring perawat dalam memberikan pelayanan kepada pasien (Nursalam, 2011). Menurunnya sikap caring perawat dalam memberikan pelayanan dan akan berdampak pada tingkat kepuasan pasien (Nursalam, 2011). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sikap caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Ruang Flamboyan RSUD Dr. Soeroto Ngawi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik, dengan design penetilian cross sectional. Populasinya adalah seluruh pasien rawat inap di Ruang Flamboyan RSUD Dr.Soeroto Ngawi sejumlah 214 orang dalam 1 tahun, dan dengan menggunakan accidental sampling didapatkan samplen sejumlah 29 orang yang rawat inap di Ruang Flamboyan RSUD Dr.Soeroto Ngawi Pada bulan Oktober - Desember 2017. Dengan menggunakan uji kolerasi chi square SPSS Windows 17 di dapatkan hasil Uji Chi-Square di peroleh nilai Ï = 0.001 atau p< 0,5 artinya H1 diterima. Hasil penelitian didapatkan data awal wawancara dengan 10 pasien, 3 pasien (30%) diantaranya menjawab puas, 5 pasien (50%) menjawab cukup puas kemudian 2 pasien (20%) menjawab kurang puas. Keluhan utama terhadap pelayan perawat yakni perawat ramah 50%, tanggap terhadap keluhan pasien (50%), perawat judes (30%), dan perawat kurang komunikatif (40%). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara sikap caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di ruang Flamboyan RSUD Dr. Soeroto Ngawi. Untuk itu diharapkan perawat dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan sikap caring kepada pasien agar kepuasan pasien lebih meningkat.