Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Flamboyan Rsud Dr. Soeroto Ngawi
Abstract
Latar Belakang: Komunikasi yang dilakukan oleh perawat dengan pasien adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan suatu perasaan pasien yang timbul akibat dari kinerja perawat yang diperoleh sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Flamboyan RSUD Dr. Soeroto Ngawi. Metode: penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional jumlah sampel 92 responden secara purposive sampling. Analisa data menggunakan Spearman’s Rank. Hasil Penelitian: dari 92 responden menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik perawat kategori baik dan yang merasa puas yaitu 69 (75,0%). Dari hasil uji statistik Spearman’s Rank p = 0,000 (p < 0,05) terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Flamboyan RSUD Dr. Soeroto Ngawi Kesimpulan: dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien merasa puas terhadap komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat. Diharapkan perawat dapat mempertahankan dan meningkatkan sikap dan keterampilan dalam berkomunikasi.